Powered by Blogger.
Home » , » 15 Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan

15 Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan

Written By Unknown on Wednesday 20 August 2014 | 10:05 am

 
Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan
Manfaat Berjemur di Pagi Hari

15 Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan

Kebanyakan orang berpikir bahwa jika sering terkena sinar matahari di siang hari, kulit akan rusak dan beresiko kanker kulit. Hal itu memang benar, tapi yang berbahaya itu adalah ketika sinar mataharinya itu sudah pada puncaknya yaitu kurang lebih pada tengah hari terutama antara pukul 10.00 sampai 16.00. Sinar matahari pada tengah hari banyak mengandung UV yang tentunya ini sangatlah berbahaya untuk kesehatan kulit dan memicu timbulnya kanker.Tapi jika di pagi hari, sinar matahari justru meberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Nah berikut ini 15 manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan:

1. Memproduksi Vitamin D

    Sinar matahari merangsang tubuh memproduksi vitamin D. Paparan sinar matahari pada wajah, leher, lengan, dan kaki selama 10-15 menit dapat menghasilkan 1.000 unit internasional (IU) sampai 3.000 IU, tergantung pada jenis kulit dan kebutuhan vitamin D yang diperlukan oleh tubuh masing-masing dalam satu hari. Vitamin D berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium di dalam usus dan mentransfer kalsium melintasi membaran sel, sehingga dapat menguatkan tulang. Vitamin D juga dapat memberikan perlindungan terhadap jenis kanker (seperti kanker paru-paru, prostat, dan kulit), osteoporosis, rakhitis, dan diabetes. Selain itu, vitamin D dapat membantu menurunkan kadar kolestrol darah sehingga membantu melawan penyakit jantung.

2. Menguatkan Sistem Kekebalan

    Sinar matahari dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh, karena ketika terpapar sinar matahari, tubuh menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang membantu menangkal infeksi dan berbagai penyakit akibat bakteri, jamur, dan virus.

3. Memperbaiki Kulit

    Berjemur di sinar matahari pagi telah terbukti memperbaiki kondisi kulit kronis, seperti jerawat, eksim, dan psoriasis. Terpapar sinar matahari juga dapat menurunkan manifestasi dari tanda perengangan, bekas luka, dan ketidaksempurnaan kulit lainnya.

4. Membunuh Mikroba di Kulit

    Sinar matahari dapat membunuh mikroba dan jamur di kulit. Itulah sebabnya kita harus menjemur karpet atau kasur yg susah untuk dicuci. Paparan sinar matahari membuat kulit tampak cerah, bersih dan meningkatkan elastisitasnya.

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah

    Sinar matahari mampu meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah di kulit. Dengan begitu, nutrisi dan oksigen lebih banyak dibawa menuju sel-sel ketika pembuluh darah kapiler terbuka sehingga kesehatan pun menjadi lebih baik. Selain itu, jantung pun menjadi lebih sehat dengan menurunkan denyut nadi ketika beristirahat dan mengurangi tekanan darah.

6. Perbaiki Sistem Pencernaan

    Manfaat sinar matahari yang lainnya adalah untuk meningkatkan nafsu makan. Selain itu juga dapat memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme.

7. Meringankan Kerja Ginjal

    Sinar matahari dapat membantu kerja ginjal karena saat terkena sinar matahari tubuh akan mengeluarkan air melalui keringat.

8. Turunkan Risiko Kanker

    Sintesis vitamin D, yang disebabkan oleh sinar matahari, dapat menurunkan risiko dari berbagai bentuk kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker usus, dan kanker ovarium. Tetapi hati-hati, terlalu lama terpapar sinarr matahari dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

9. Perbaiki Kualitas Tidur

    Dengan terpapar sinar matahari, produksi melatonin pun meningkat. Melatonin adalah suatu hormon yang diproduksi oleh kelenjar pinea-organ tubuh berukuran seperti kacang kecil yang ditemukan di dasar otak. Melatonin sangat dibutuhkan unutk kualitas tidur yang baik.

10. Atasi Depresi

    Orang dengan gangguan afektif musiman (SAD) dapat mengembangkan gejala depresi (seperti kehilangan minat pada kegiatan sehari-hari, merasa tidak memiliki tenaga atau kelelahan, dan kemurungan) pada bulan-bulan musim dingin atau ketika sinar matahari kurang terpancar. Sinar matahari dapat mengurangi gejala depresi dengan cara melepaskan endorfin. Endorfin sendiri adalah suatu anti-depresan alami yang dimiliki tubuh dan sangat berguna dalam kasus-kasus depresi musiman.

11. Menurunkan Berat Badan

      Sinar matahari juga membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan tingkat metabolik melalui stimulasi tiroid.

12. Cegah Diabetes

      Sebuah studi baru menunjukkan bahwa dengan terpapar sinar matahari dan vitamin D yang cukup dapat mencegah diabetes tipe 1 pada anak-anak. Beberapa juga meyakini bahwa terpapar sinar matahari juga dapat menurunkan kadar gula darah dengan merangsang penyimpanan kadar gula didalam otot dan di hati.

13. Meringankan Radang Sendi

      Sinar matahari juga menolong meringankan radang sendi dalam kasus arthritis.

14. Meningkatkan Hormon Serotonin

      Sinar matahari juga dapat merangsang produksi hormon serotonin, sebuah neurotransmitter di otak yang mengatur suasana hati. Tingkat serotonin yang cukup tinggi dapat menghasilkan suasana hati yang lebih positif dan cara berpikir yang tenang dengan mental yang fokus.

15. Detoksifikasi Tubuh

      Paparan sinar matahari juga dapat meingkatkan pengeliminasian racun dalam tubuh dengan memperbaiki fungsi hati. Selain itu, sinar matahari juga meningkatkan sirkulasi darah, sehingga racun-racun tereliminasi lebih efisien melalui darah.

 Nah, itulah 15 Manfaat Sinar Matahari pagi untuk kesehatan. Mulai dari sekarang cobalah untuk meluangkan waktu sejenak untuk dapat merasakan hangatnya sinar matahari pagi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua yang membacanya. Jika ada yang mau menambahkan atau memberikan saran ditunggu komentarnya dan jangan lupa berkunjung di blog sederhana ini lagi ya? Terima kasih.

Salam,

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Jika Bermanfaat, Jangan Lupa di LIKE dan FOLLOW Ya Sobat? :)

×
 
Support :Facebook | Twitter | Google+
Copyright © 2014. Kesehatan dan Kecantikan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Back to top
-->