Powered by Blogger.
Home » , » 14 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

14 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

Written By Unknown on Saturday 11 October 2014 | 2:31 pm

Manfaat Air Kelapa - Pernakah Anda meminum air kelapa? Air kelapa sangat enak dan menyegarkan untuk dikonsumsi terutama jika cuaca sedang panas. Tetapi tidak sedikit orang yang membuangnya begitu saja dan hanya mengambil daging kelapanya saja. Padahal air kelapa memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Apakah Anda sudah tahu manfaat air kelapa tersebut? Jika belum, berikut kita akan bahas 14 manfaat air kelapa bagi kesehatan yang wajib untuk diketahui :


Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

Manfaat Air Kelapa
Manfaat Minum Air Kelapa

1. Membantu Mengurangi Stres

Air kelapa terdiri dari turunan vitamin B seperti riboflavin, tiamin, dan asam pantotenat yang dapat membantu untuk mengurangi stres, depresi, dan kecemasan.

2. Mengobati Dehidrasi

Air kelapa dapat mengobati dehidrasi yang disebabkan oleh disentri, diare, kolera, dan flu perut. Keseimbangan elektrolit dan kadar plasma yang terdapat di dalam air kelapa telah diteliti memiliki kesamaan dengan darah manusia. Oleh sebab itu, air kelapa dapat membantu untuk mengembalikan cairan tubuh.

3. Pengganti Cairan Tubuh

Air kelapa dapat menggantikan mineral dan cairan yang hilang dari tubuh selama melakukan aktivitas fisik. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki aktivitas yang berat sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air kelapa.

4. Untuk Meningkatkan Energi

Air kelapa mengandung sedikit gula dan sodium. Tetapi air kelapa memiliki kandungan kalium yang tinggi, kalsium, dan klorida yang dapat membantu untuk mencukupi kebutuhan tubuh dan meremajakan tubuh.

5. Menetralkan Efek Racun

Air kelapa dapat membersihkan tubuh dari racun dan membantu mengeluarkannya. Inilah alasan dianjurkannya meminum air kelapa muda ketika Anda sedang mengalami keracunan ataupun alergi. Air kelapa juga merupakan obat terbaik untuk beberapa penyakit seperti disentri, mulas, sembelit, menetralkan racun, dan demam berdarah.

6. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat air kelapa berikutnya adalah dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Mengkonsumsi air kelapa secara teratur dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar gula jauh lebih cepat. Akibatnya, tingkat insulin di dalam tubuh dapat terbakar lebih cepat. Hal ini juga sekaligus untuk meningkatkan energi di dalam tubuh dan menghilangkan lemak lebih cepat.

7. Anti Penuaan

Air kelapa mengandung zat antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas sehingga membantu memperlambat proses penuaan dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Air kelapa juga mengandung asam laurat dan sitokin yang merupakan dua elemen penting dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel. Dua elemen ini akan membantu untuk meminimalkan penuaan kulit dan menyeimbangkan tingkat PH.

8. Melancarkan Pencernaan

Air kelapa terdiri dari enzim bioaktif seperti asam folat, fosfatase, dehidrogenase, diastase, katalase, peroksidase, RNA polimerase dan sebagainya. Enzim tersebut dapat membantu untuk melancarkan pencernaan dan metabolisme. Air kelapa juga mengandung lebih banyak mineral seperti kalsium, seng, dan mangan daripada buah-buahan lain. Air kelapa merupakan sumber vitamin B (seperti folat, riboflavin, tiamin, dan piridoksin) yang baik karena tubuh manusia membutuhkan kandungan tersebut dari sumber eksternal untuk mencukupi dan karenanya air kelapa menjadi sangat penting bagi tubuh manusia. 

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Air kelapa kaya akan magnesium dan kalium dan sangat membantu bagi penderita tekanan darah rendah. Air kelapa juga dapat membantu untuk mengurangi resiko serangan jantung, mengatur sirkulasi darah, dan mencegah pembentukan plak pembuluh darah. Minum air kelapa secara teratur dapat memberikan kontribusi untuk kesehatan yang dapat mencegah stroke dan serangan jantung.

10. Melarutkan Batu Ginjal

Air kelapa membantu melarutkan batu ginjal karena kandungan kalium yang terdapat di air kelapa bermanfaat untuk mencegah pembentukan batu ginjal. 

11. Mengontrol Diabetes

Air kelapa juga dapat membantu mengontrol diabetes. Apabila dikonsumsi secara teratur, air kelapa memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Ini dapat membantu untuk melebarkan pembuluh darah yang menyempit karena pembentukan plak dan melancarkan peredaran darah.

12. Mengobati Kembung

Air kelapa dapat meminimalkan perut kembung dan membuat tubuh merasa lebih nyaman. Air kelapa juga dapat mencegah mabuk darat, laut dan udara, dengan cara meringankan kondisi mual dan membuat perut jadi normal.

13. Baik untuk Otot dan Sistem Syaraf


Air kelapa dapat membantu mencegah kejang, kram pada otot, dan membantu untuk meningkatkan fungsi sistem syaraf Anda.

14. Menurunkan Berat Badan

Air kelapa merupakan salah satu cara sehat untuk menurunkan berat badan karena air kelapa ini merupakan minuman alami dan tidak mengandung bahan kimia apapun. Air kelapa ini telah digunakan selama berabad-abad lamanya di seluruh dunia untuk menurunkan berat badan dan hal ini telah menunjukkan hasil yang positif. Air kelapa rendah gula, lemak, dan kalori, sehingga hal ini dapat membantu menekan rasa lapar dan membuat Anda menurunkan berat badan.

Nah, itulah tadi 14 manfaat air kelapa yang luar biasa bagi kesehatan. Jika ada yang ingin menambahkan atau sekedar memberikan kritik/sarannya silahkan berkomentar. Semoga artikel Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan ini dapat menambah wawasan dan juga memberikan manfaat bagi Anda semua yang membacanya. Akhir kata, terima kasih atas waktunya dan silahkan berkunjung kembali ke blog Kesehatan dan Kecantikan ini untuk mendapatkan informasi kesehatan menarik berikutnya. :)

Salam,
Share this article :

25 comments:

  1. air kelapa adalah salah satu minuman favorit saya mb, biasanya kalau bunda saya masal menggunakan kelapa, airnya tak minta buat tak minum, sayang kalau di buang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sayang banget kalo airnya dibuang padahal kan manfaatnya banyak banget. hehe
      terima kasih untuk kunjungannya mas. :)

      Delete
  2. Terima kasih sangat bermanfaat, dulu saya juga sering minum air kelapa muda untuk penyembuhan alergi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya masama semoga dapat bermanfaat. :)
      Terima kasih sudah share pengalamannya dan kunjungannya gan :)

      Delete
  3. yang jelas air kelapa menyegarkan gan, dan murah meriah... jadi pengen beli hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah saya setuju banget sama agan yang satu ini :D
      iya gan beli aja, rajin" mengkonsumsinya gan, saya juga jadi pengen beli. haha
      thanks kunjungannnya. :)

      Delete
  4. Tapi kenapa ya kalo lagi kerja, cape, mandi keringat, minum air kelapa malah tambah lemes. (pengalaman)

    ReplyDelete
  5. terima kasih gan atas infonya salam semangat dari klami
    benkunung ya

    ReplyDelete
  6. bagus sekali informasinya gan
    moga lancar selalu ya

    ReplyDelete
  7. memang air kelapa sangat banyak sekali kegunaannya, tapi ada yang bilang kalau orang yang suka sakit kepala di larang meminum air kelapa, apa itu benar atau hanya mitos.?

    ReplyDelete
  8. Postingan ini sangat bermanfaat, memberikan informasi mengenai hal yang belum diketahui. Semoga postingan ini bisa memberikan motivasi untuk selalu ingin tahu.

    ReplyDelete
  9. Makin sukses untuk websitenya, kami akan selalu mengikuti dan hadir sebagai sahabat yang baik. Terimakasih banyak, pak/bu

    ReplyDelete
  10. Selamat malam, salam kenal nih kak.. mampir ya, blognya bagus banget nih templatenya, isinya juga keren-keren, penuh info penting dan bermutu, keep posting ya kaka ^^

    ReplyDelete
  11. infonya sangat bermanfaat sekali mbak/mas, makasih yach!! beritanya bagus banget dan sangat menarik untuk di baca hari ini. Ijin share juga ya, terimakasih.

    ReplyDelete
  12. Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

    ReplyDelete
  13. Seger banget, selain menyegarkan juga menyehatkan. Mantap

    ReplyDelete
  14. selamat malam, uwaaah... websitenya bagus nih gan, bikin kalem hati, keep posting gan. .Saya tunggu postingan menarik lainnya di website ini. Thank you

    ReplyDelete
  15. Obat Nyeri Lambung dan Ulu Hati Resep Dokter - DAPATKAN OBATNYA DISINI dan SEMBUHKAN PENYAKITNYA. Pemesanan mudah melalui SMS dengan sistem BAYAR SETELAH OBAT SAMPAI. MUDAH, MURAH & TERPERCAYA.

    ReplyDelete
  16. memang pohon kelapa adalah salah satu tumbuhan yang sangat kaya manfaat. tidak cuma buahnya saja, bahkan setiap bagian pohon kelapa sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  17. Such a great article you have shared. I really liked this post. It is very informative post for us. Thanks for sharing the interesting post with us. SSC CONSTABLE RECRUITMENT 2018

    ReplyDelete
  18. Hi to every one, the contents present at this web site are
    in fact awesomne for people knowledge, well, keep
    up the good work fellows.

    ReplyDelete

Jika Bermanfaat, Jangan Lupa di LIKE dan FOLLOW Ya Sobat? :)

×
 
Support :Facebook | Twitter | Google+
Copyright © 2014. Kesehatan dan Kecantikan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Back to top
-->