Powered by Blogger.
Home » , » 9 Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru

9 Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Written By Unknown on Monday 1 September 2014 | 5:46 pm

Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru
Menjaga paru-paru tetap sehat

Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Paru-paru merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi vital dalam menunjang kehidupan sehari-hari karena berperan sangat penting dalam sisitem pernapasan manusia. Paru-paru mempunyai fungsi utama sebagai tempat pergantian udara di dalam tubuh dengan cara mengambil oksigen dari udara lalu menukarnya dengan karbondioksida dari darah. Jaringan paru-paru yang sangat halus mengakibatkan paru-paru rentan terhadap iritasi dan jika paru-paru sudah terserang maka dapat dipastikan kondisi nafas Anda tidak akan berjalan normal. Sehingga menjadi hal yang sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan paru-paru. Nah, berikut adalah 9 tips menjaga kesehatan paru-paru :

1. Jangan Merokok

Dr Edelman menuturkan tidak ada batasan yang aman ketika seseorang merokok, dan semakin sering ia merokok maka risiko paru-parunya menjadi rusak akan semakin besar. Hal ini tidak hanya berlaku pada rokok saja, tapi juga mencakup cerutu atau ganja yang bisa membahayakan paru-paru. Bahkan orang yang hanya menghirup asap rokok saja sudah dapat merusak paru-paru.

2. Rutin Olahraga

Olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan paru-paru. Semakin baik kebugaran kardiorespirasi seseorang maka akan semakin mudah bagi paru-paru untuk menjaga jantung dan otot yang mensuplai oksigen. Selain itu rutin olahraga juga sangat penting dan membantu bagi orang yang menderita penyakit paru-paru kronis. Karena ketika Anda menghirup udara yang bersih sewaktu berolahraga dapat membersihkan kuman yang berada di dalam paru-paru Anda.

3. Mengurangi Zat Klorin

Zat klorin tidak hanya datang dari makanan yang kita konsumsi, namun bisa juga datang dari udara yang kita hirup. Zat klorin banyak terdapat di dalam air keran yang kita pakai sehari-hari. Oleh karena itu untuk mengurangi dampak zat klorin, Anda dapat memasang filter di keran air Anda.

4. Mengonsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Ada bukti bahwa makanan yang kaya akan antioksidan merupakan sumber yang baik untuk paru-paru. Dr Edelman menuturkan semua sayuran bagus, tapi sayuran berdaun hijau memiliki banyak antioksidan dan memiliki efek perlindungan. Sumber ini sebaiknya berasal dari makanan dan bukan suplemen.

5. Hindari Makanan dan Minuman Dingin

Jaringan paru-paru sangat sensitif terhadap sesuatu yang dingin. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengurangi konsumsi makanan dan minuman dingin untuk menjaga kesehatan paru-paru.

6. Mengurangi Stress

Menurut Louise Hay, seorang penulis buku berjudul Heal Your Body, paru-paru sangat terkait dengan keadaan emosi Anda. Apabila Anda mengalami depresi, ketakutan, dan kesedihan maka akan berdampak buruk bagi kesehatan paru-paru Anda. 

7. Mengoptimalkan Bernapas Dengan Hidung

Janganlah Anda bernapas menggunakan mulut tetapi optimalkan bernapas dengan menggunakan hidung Anda karena filter yang terdapat di dalam rongga hidung akan membantu menyaring, melembabkan, dan menghangatkan udara yang Anda hirup. Dengan bernapas melalui hidung, maka udara yang dihirup akan tersaring lebih bersih. 

8.  Menggunakan Masker

Salah satu cara agar kita terhindar dari menghirup udara yang kotor adalah dengan memakai masker. Jadi Gunakanlah masker agar tidak menghirup udara kotor, apalagi jika Anda tinggal di kota besar yang penuh dengan polusi akibat kendaraan.

9. Istirahat Cukup

Aktivitas keseharian yang melelahkan juga akan membuat paru-paru Anda ikut bekerja keras. Namun ketika Anda beristirahat maka paru-paru pun juga akan ikut beristirahat dan bekerja lebih ringan. Oleh karena itu, istirahat yang cukup sangat penting dilakukan untuk tetap menjaga paru-paru sehat dan kuat.

Nah, itulah sedikit tips tentang menjaga kesehatan paru-paru untuk Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda semua yang membacanya. Jika ada yang ingin menambahkan atau memberikan kritik dan sarannya silahkan berkomentar ya. Dan jangan lupa berkunjung lagi ke blog sederhana ini untuk mengetahui informasi-informasi kesehatan selanjutnya. Terima kasih.

Salam,
 
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Jika Bermanfaat, Jangan Lupa di LIKE dan FOLLOW Ya Sobat? :)

×
 
Support :Facebook | Twitter | Google+
Copyright © 2014. Kesehatan dan Kecantikan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Back to top
-->