Powered by Blogger.
Home » , » 10 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

10 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Written By Unknown on Friday 26 September 2014 | 2:39 pm

Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan
Manfaat Mengkonsumsi Buah Manggis

Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan buah manggis? Buah yang memiliki warna kulit merah keunguan dan daging berwarna putih ini memiliki rasa yang sangat nikmat sehingga tak heran jika banyak orang yang menyukai buah yang satu ini. Kita juga harus berbangga diri, sebab konon ceritanya buah manggis ini asli berasal dari wilayah nusantara dan bukan hasil buah impor seperti buah-buahan yang lain. Buah manggis memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan kita, baik dari buahnya maupun kulitnya. Nah, disini kita akan bahas 10 manfaat buah manggis untuk kesehatan :

1. Mengembalikan Stamina Tubuh dan Meningkatkan Energi

Jika Anda salah satu orang dengan tingkat aktivitas yang tinggi dan seringkali mudah lelah dan merasa lemas, Anda bisa memilih alternatif dengan mengkonsumsi buah manggis. Karena di dalam buah manggis terdapat zat yang dapat mengembalikan stamina tubuh yang hilang saat beraktivitas dan dapat meningkatkan energi tambahan saat melakukan kerja keras.

2. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan catechins yang terdapat dalam buah manggis telah terbukti mampu melawan zat radikal bebas bahkan lebih efektif ketimbang vitamin C dan vitamin E. Bahkan telah diluncurkan sebuah buku yang secara khusus membahas tentang buah manggis, di dalam buku tersebut tertulis bahwa manfaat mengkonsumsi buah manggis setiap hari sama halnya mengkonsumsi suplemen. Nah, jadi usahakanlah untuk mengkonsumsi buah manggis rutin setiap hari agar Anda terhindar dari radikal bebas dan tentunya Anda juga akan mendapatkan cadangan antioksidan alami yang melimpah dari buah manggis.

3. Menurunkan Berat Badan

Masalah kegemukan terjadi karena membran sel di dalam tubuh kita dapat mengeras dan mudah membesar. Hal ini dapat diatasi oleh zat xanthones yang terdapat pada buah manggis. Zat tersebut berfungsi untuk melunakkan kembali sel-sel dan dengan cepat mengubah zat makanan menjadi energi. Sehingga kondisi ini membuat kita menjadi lebih sehat dan pada saat yang bersamaan dapat mengatasi masalah kegemukan Anda.

4. Mencegah Kanker

Senyawa xamthone atau senyawa anti-kanker yang terdapat pada buah manggis bermanfaat untuk memperlambat laju pertumbuhan sel-sel kanker pada paru-paru, usus besar, dan kanker hati. Bahkan kandungan xanthone juga mampu memperlambat pertumbuhan sel-sel penyebab penyakit leukemia.

5. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Buah Manggis berikutnya adalah dapat mengurangi tekanan darah tinggi Anda. Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga terjadi karena adanya gangguan pada pembuluh darah dan hal ini dapat beresiko terhadap penyakit jantung dan stroke.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung dan arteriosclerosis terjadi karena pembuluh darah di sekitar jantung kehilangan elastisitasnya. Buah manggis bermanfaat untuk memulihkan kembali elastisitas pembuluh darah melalui antimikorbial dan antioksidan yang dimiliki buah tersebut. Setelah pembuluh darah di sekitar jantung kuat dan sehat, maka risiko terhadap serangan penyakit jantung secara drastis dapat berkurang.

7. Menurunkan Kolestrol

Kolesterol jahat atau LDL (low density lippoprotein) yang berlebihan akan menempel di dinding dan menyempitkan pembuluh darah. Tetapi kondisi ini dapat dikurangi dengan zat xanthones yang terdapat pada buah manggis.

8. Memelihara Kesehatan Pencernaan

Semakin berumur manusia, maka secara alamiah semakin berkurang zat asam di dalam perutnya. Kondisi ini dapat meningkatkan bakteri di dalam perut sehingga menimbulkan penyakit diare, kelebihan gas, dan kemampuan usus menyerap makanan semakin berkurang. Gejalan-gejala seperti ini bisa diatasi oleh zat xanthones yang terdapat pada buah manggis. Zat xanthones ini bermanfaat untuk mengatasi kelebihan bakteri dan mampu menyeimbangkan kembali kerja perut.

9. Mencegah Batu Ginjal

Bagi seseorang yang mengkonsumsi buah manggis akan sering mengalami buang air kecil. Tetapi justru hal inilah yang dapat menghindarkan Anda dari penyakit batu ginjal. Jadi, untuk mendapatkan manfaatnya usahakan konsumsi buah manggis rutin minimal 3 ons dalam tiap harinya.

10. Mengobati dan Mencegah Diabetes

Salah satu penyakit kronis yang banyak diderita manusia adalah diabetes. Oleh sebab itu, untuk membantu proses penyembuhan diabetes sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah manggis yang mengandung zat-zat yang dapat memulihkan energi, menormalkan tekanan darah, dan zat yang mengurangi kelebihan gula dalam darah.

Nah, itulah tadi 10 manfaat buah manggis untuk kesehatan. Silahkan jika ada yang ingin menambahkannya atau sekedar ingin berkomentar. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih atas waktunya dan jangan lupa untuk berkunjung kembali ke blog ini ya? :)


Salam,
Share this article :

8 comments:

  1. maksih infonya gan, selain enak bermanfaat juga ternyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar sekali mas, jadi rajinlah mengkonsumsi manggis, terima kasih sudah mampir :)

      Delete
  2. Baru tau saya ternyata manggis banyak sekali manfaatnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya manggis memang banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh :)

      Delete
  3. makasi infonya ternyata banyak banget manfaat buah manggis, pantes aja iklan extax kulit manggis merajalela :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha lucu nih masnya :D
      semoga artikel ini dapet bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung mas :)

      Delete

Jika Bermanfaat, Jangan Lupa di LIKE dan FOLLOW Ya Sobat? :)

×
 
Support :Facebook | Twitter | Google+
Copyright © 2014. Kesehatan dan Kecantikan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Back to top
-->