Powered by Blogger.
Home » , » 10 Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan

10 Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan

Written By Sharon Caroline on Monday, 6 October 2014 | 3:16 pm

Bahaya mie instan - Siapa sih yang tidak suka dengan mie instan? Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa tentu sangat menyukainya. Hal ini karena selain mie instan memiliki rasa yang nikmat, juga karena mie instan ini murah dan cara memasaknya pun cukup mudah. Tapi jangan keseringan, karena ada bahaya kesehatan yang mengintai di balik nikmatnya semangkuk mi instan. Jika anda biasanya mengkonsumsi mie instan setiap hari mulailah dari sekarang untuk menguranginya dengan tenggang waktu 2-3 hari.
Apakah Anda sudah mengetahui bahaya mie instan? Jika belum, berikut adalah 10 bahaya mengkonsumsi mie instan bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui :


Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan

Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan
Bahaya Makan Mie Instan

1. Menyebabkan Kegemukan 

Mengkonsumsi mie instan secara rutin dapat menyebabkan kegemukan. Jumlah lemak dan sodium yang tinggi di dalam mie instan akan menyebabkan tidak dapat diserap oleh tubuh dan hal ini akan menumpuk menjadi lemak. Tak heran apabila ia dapat menyebabkan berat badan Anda bertambah dalam waktu singkat.

2. Menghambat Penyerapan Nutrisi

Mie instan akan menghambat dan membatasi penyerapan nutrisi makanan. Terutama bagi mereka yang berusia di bawah 5 tahun, disarankan sama sekali tidak mengkonsumsi mie. Mie instan ini sangat berbahaya apabila sampai mencegah penyerapan nutrisi karena dapat menyebabkan anak kekurangan gizi, kerdil, dan bahkan perkembangannya lambat.

3. Menyebabkan Kanker

Mie instan ternyata cukup membahayakan. Para peneliti telah menemukan bahwa pada permukaan mie instan dilapisi oleh lilin. Inilah kenapa mie tidak pernah lengket satu sama lain.
Lilin ini sangat membahayakan kesehatan tubuh, karena tubuh kita butuh waktu lama untuk mencerna lilin ini, yakni sekitar dua sampai tiga hari.

Jika zat ini terus menumpuk di dalam tubuh, kemungkinan kita untuk terkena penyakit kanker sangatlah tinggi. Misalnya, kanker hati, usus, atau leukimia. Tak hanya lilin dari mie instan tetapi bumbunya pun yang mengandung banyak zat aditif seperti MSG yang bisa menjadi pemicu kanker di dalam tubuh.

4. Kerusakan Jaringan Otak

Mengkonsumsi mie instan terus-menerus sama halnya dengan menumpuk zat-zat kimia berbahaya di dalam tubuh dan efeknya dapat merusak sel-sel jaringan otak. Akibatnya, akan terjadi penurunan transmisi sinyal di dalam otak. Selain itu, kerusakan jaringan sel otak ini juga akan memicu penyakit-penyakit lain seperti stroke atau kelumpuhan.

5. Gangguan Metabolisme

Bahaya mi instan jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh, hal ini disebabkan karena akumulasi dari zat-zat kimia beracun seperti pewarna makanan, pengawet dan adiktif dalam mie.

6. Kerusakan Organ

Mie instan mengandung propylene glycol, yaitu bahan anti beku yang mencegah mie menjadi kering dengan mempertahankan kelembaban. Apabila tubuh menyerap zat tersebut maka akan menumpuk dan terakumulasi di area jantung, hati, dan ginjal. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan dan kelainan pada organ tersebut, dan juga akan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

7. Membahayakan Pencernaan 

Apabila dikonsumsi lebih dari satu kali dalam sehari, maka mie instan berpotensi untuk membahayakan pencernaan. Masalah pertama yang ditimbulkan adalah ketidaknyamanan, rasa begah, dan susah buang air besar.

8. Mengakibatkan Keguguran

Sejumlah wanita hamil yang makan mie instan selama kehamilan dapat mengalami keguguran, hal ini karena kandungan bumbu dan pengawet di dalam mi instan dapat mempengaruhi perkembangan janin.

9. Tinggi Sodium

Mi instan juga mengandung jumlah sodium yang tinggi, hal ini dapat menyebabkan hipertensi, penyakit jantung, stroke dan kerusakan ginjal. Jika Anda sering mengkonsumsinya maka potensi terserang penyakit tersebut sangat tinggi. Jadi, hindarilah konsumsi mi instan secara berlebihan.

10. Junk food

Mi instan hanya dapat dianggap sebagai junk food dan tidak pernah menggantikan makanan bernutrisi, hal ini karena mie instan mengandung sejumlah besar karbohidrat tetapi tidak terdapat vitamin, mineral, ataupun serat. Mi instan juga mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans. Mie ini padat kalori dan hal ini memberikan dampak negatif bagi kesehatan Anda.

Nah, itulah tadi 10 bahaya mie instan yang wajib Anda semua ketahui. Jika ada yang ingin memberikan kritik atau sarannya silahkan berkomentar. Semoga artikel 10 Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Akhir kata, terima kasih atas waktunya kawan dan jangan lupa berkunjung kembali ke blog Kesehatan dan Kecantikan ini untuk mendapatkan informasi kesehatan menarik berikutnya. :)

Salam, 
Share this article :

15 comments:

  1. Nice post gan,

    kunjungi http://kangwebsite.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. hari hari ini ane sering makan mie instan gan :(
    harus dikurangi nih :D

    nice info

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kurangi gan lebih baik seminggu sekali aja, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda gan :)

      Delete
  3. Ternyata bahaya ya. Untung saya gak suka, gak suka beli... Kalo gratis mah ya embat aja, rejeki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha lucu nih masnya :D
      thanks mas sudah berkunjung :)

      Delete
  4. Emang benargan mengkomsumsi mie banyak" itu tidak baik, saya dulu mengalami operasi gara" kebanyakan mengkomsumsi mie..
    Semoga Artikel sobat bermanfaat bagi yang lainnya juga :)

    Yang ingin belajar Tutorial ngeblog klik » Cara Lukman

    ReplyDelete
    Replies
    1. uwah terima kasih sudah share pengalamannya disini gan, bermanfaat. (y)
      iya, terima kasih juga gan sudah berkunjung ke blog sederhana ini :)

      Delete
  5. Ane emang dr dl kurang suka sma mie instant kurang nampol kenyangnya hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha bisa aja nih agan. :D
      btw makasih sudah berkunjung di blog sederhana ini gan. :)

      Delete
  6. Setuju banget sama artikel ini, perlu diketahui bahwa tubuh kita membutuhkan asupan gizi dari makanan secara seimbang dengan cara meragamkan makanan yang akan kita konsumsi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral). Nah, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya mie instan terdiri dari karbohidrat saja. Selain masalah gizi yang tidak seimbang, mie instan juga mengandung bahan-bahan pengawet dan kandungan garam yang sangat tinggi. gw juga dbaca info serupa di sini http://udoctor.co.id/tips-gaya-hidup-sehat/makan-mie-instan-bahayakah-read-212.html

    ReplyDelete
  7. ternyata seperti itu ya
    ma kasih gan atas infonya

    ReplyDelete
  8. Nah .. Gw malah punya ketergantungan sama mi instan sejak SD sampe kuliah sekarang T_T

    ReplyDelete
  9. Sebentar lagi hari raya idul adha akan tiba, jangan lupa puasa arafah bagi yang muslim, semoga tahun ini membawa berkah dan kebahagiaan. Keep posting, gan..

    ReplyDelete
  10. Sebagai anak kost saya mesti mengandalkan mie instan sebagai makanan pokok sehari-hari. Tapi di sisi lain banyak artikel yang bilang mengenai bahaya mie instan

    ReplyDelete

Jika Bermanfaat, Jangan Lupa di LIKE dan FOLLOW Ya Sobat? :)

×
 
Support :Facebook | Twitter | Google+
Copyright © 2014. Kesehatan dan Kecantikan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Back to top
-->