Powered by Blogger.
Home » , » 14 Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan

14 Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan

Written By Unknown on Thursday 9 October 2014 | 3:49 pm

Manfaat Buah Jeruk - Siapa sih yang tidak mengenal buah jeruk? Buah dengan perpaduan rasa asam, manis, serta menyegarkan ini merupakan salah satu buah yang paling terkenal dan yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Saya yakin Anda tentu sudah pernah mencoba mengkonsumsi buah jeruk ini, baik dikonsumsi secara langsung ataupun dengan diolah sebagai jus. Tetapi apakah Anda sudah mengetahui manfaat dari mengkonsumsi buah jeruk? Jika belum, berikut adalah 14 manfaat buah jeruk bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui :


Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Jeruk
Manfaat Mengkonsumsi Buah Jeruk

1. Menambah Energi

Kandungan thiamin yang terdapat pada buah jeruk bermanfaat untuk membantu mengubah makanan yang telah dicerna menjadi energi. Sehingga bagi Anda yang mengkonsumsinya akan mendapatkan energi tambahan untuk melakukan aktivitas.

2. Melawan Infeksi Virus

Penelitian telah membuktikan jika kandungan polyphenol di dalam buah jeruk mampu melawan infeksi virus yang menyerang tubuh.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah jeruk kaya akan vitamin C yang bermanfaat sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai ancaman penyakit.

4. Menangkal Radikal Bebas

Vitamin C yang terdapat di dalam buah jeruk merupakan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain itu di dalam buah jeruk ini juga terkandung fitokimia yang biasa disebut Narigenin yang juga merupakan antioksidan.

5. Mencegah Kanker 

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam buah jeruk berperan sebagai anti kanker dan anti penuaan. Buah jeruk juga kaya akan kandungan limonoid yang sudah terbukti ampuh untuk mencegah penyakit kanker kulit, payudara, paru-paru, usus besar, dan lambung.

6. Menjaga Kesehatan Pernapasan 

Kandungan karotenoid betacryptoxanthin yang terdapat pada buah jeruk bermanfaat untuk menjaga kesehatan pernapasan dan menghindari terjadinya penyakit kanker paru-paru.

7. Melancarkan Sistem Pencernaan 

Manfaat buah jeruk selanjutnya adalah dapat memperlancar sistem pencernaan. Karena buah jeruk mengandung pectin yang merupakan serat pangan yang bermanfaat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Sehingga jika mengkosumsi buah jeruk secara rutin, maka Anda akan terhindar dari masalah pencernaan dan BAB pun akan menjadi lancar.

8. Menjaga Keseimbangan Gula Darah

Buah jeruk juga mengandung fruktosa yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan kadar gula di dalam tubuh. Jadi bagi Anda yang terserang diabetes sebaiknya mengkonsumsi buah yang satu ini untuk membantu mengontrol kadar gula.

9. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Kandungan mineral potassium di dalam buah jeruk memiliki jumlah yang cukup. Potassium merupakan komponen penting di dalam cairan tubuh yang bermanfaat untuk membantu mengendalikan laju detak jantung dan mengontrol tekanan darah, sehingga hal ini dapat mencegah tekanan darah tinggi.

10. Mencegah Batu Ginjal

Terlalu banyak penumpukan mineral dan bahan kimia biasanya mengakibatkan pengembangan batu ginjal. Tetapi resiko pembentukan batu ginjal ini dapat dikurangi dengan mengkonsumsi satu porsi jus jeruk secara teratur.

11. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium yang terdapat di dalam buah jeruk bermanfaat untuk menjaga detak jantung agar tetap seimbang. Sehingga makan jeruk juga mampu mencegah penyakit kardiak aritmia (detak jantung tidak teratur).

12. Menyehatkan Mata

Komponen karotenoid yang terdapat pada buah jeruk yang diubah menjadi vitamin A bersifat sama seperti wortel. Jadi jika dikonsumsi secara rutin kesehatan mata Anda akan tetap terjaga.

13. Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan asam folat yang terdapat di dalam buah jeruk merupakan nutrisi penting bagi otak karena kandungan ini dapat menjaga kesehatan otak.

14. Menjaga Kepadatan Tulang

Kandungan kalsium di dalam buah jeruk memiliki jumlah yang cukup memadai. Kalsium merupakan komponen penyusun tulang yang sangat penting untuk menjaga tulang tetap padat dan kuat. Buah jeruk juga memiliki kandungan kalium (potasium) yang bermanfaat untuk menjaga tulang agar tidak mudah keropos.

Nah, itulah tadi 14 manfaat buah jeruk yang wajib untuk diketahui. Semoga artikel 14 Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan ini dapat memberikan manfaat bagi Anda semua yang membacanya. Jika ada yang ingin menambahkan atau sekedar memberikan kritik/sarannya silahkan berkomentar. Akhir kata, terima kasih atas waktunya dan jangan lupa berkunjung kembali ke blog Kesehatan dan Kecantikan ini ya sobat untuk mendapatkan update-an informasi kesehatan berikutnya. :)

Salam,
Share this article :

3 comments:

  1. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

    ReplyDelete
  2. sudah beberapa hari saya mencari berita seperti ini, dan akhirnya.. akhirnya ketemu!! terimakasih nih ya? postingannya sangat berharga bagi saya, thanks gan!

    ReplyDelete
  3. Ternyata jeruk juga bisa untuk kesehatan otak juga.

    Thanks for share

    ReplyDelete

Jika Bermanfaat, Jangan Lupa di LIKE dan FOLLOW Ya Sobat? :)

×
 
Support :Facebook | Twitter | Google+
Copyright © 2014. Kesehatan dan Kecantikan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Back to top
-->