Powered by Blogger.
Home » , » Sejuta Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Sejuta Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Written By Sharon Caroline on Tuesday, 7 October 2014 | 4:17 pm

Manfaat buah nanas - Apakah Anda sudah mencoba mengkonsumsi buah nanas? Buah yang memiliki aroma khas dengan perpaduan rasa antara manis dan asam ini dapat menyegarkan tubuh, karena buah ini mengandung air yang cukup tinggi di dalamnya. Pada umumnya, buah nanas sering diolah menjadi manisan, selai, ataupun jus. Buah ini memang tidak sepopuler buah-buahan pada umumnya seperti apel, jeruk, mangga, pepaya, ataupun pisang. Meskipun demikian, buah nanas juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang tidak kalah hebatnya dengan buah-buahan tersebut. Apakah Anda sudah tahu manfaat buah nanas? Jika belum, berikut adalah 17 manfaat buah nanas untuk kesehatan yang sebaiknya Anda ketahui :


Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Nanas
Manfaat Buah Nanas

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan asam amino esensial maupun non-esensial terdapat di dalam buah berwarna kuning cerah ini. Kedua senyawa tersebut memang sudah sejak lama dikenal ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta membantu tubuh mengatasi rasa lelah.

2. Menurunkan Berat Badan

Enzim proteiolitik yang terdapat di dalam buah nanas dapat menghambat penyerapan lemak di saluran pencernaan dan membuangnya bersama feses. Selain itu, vitamin C yang terkandung di buah ini juga dapat mempercepat proses pembakaran lemak agar tidak menumpuk di dalam tubuh.

3. Melawan Radikal Bebas

Buah nanas mengandung vitamin C yang sangat tinggi. World’s Healthiest Foods telah mencatat bahwa vitamin C adalah antioksidan yang berperan penting dalam membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

4. Mencegah Kanker

Karsinogenik yang terkandung di dalam buah nanas sangat efektif dalam mengurangi resiko kanker. Zat karsinogenik berperan untuk melindungi sel-sel sehat di dalam tubuh dari kerusakan. Banyaknya sel-sel yang telah rusak di dalam tubuh dapat menyebabkan penuaan dini dan mendorong datangnya berbagai macam penyakit.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Buah nanas kaya akan kalium yang sangat bermanfaat untuk penderita darah tinggi. Kandungan serat yang terdapat didalamnya pun sangat membantu untuk mencegah lemak terserap di dalam saluran pencernaan. Sehingga buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi setiap hari untuk dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Mencegah Penggumpalan Darah

Buah yang rasanya asam-manis dan menyegarkan ini juga dapat mencegah penggumpalan darah. Selain itu, buah nanas juga memiliki peran penting di dalam memproduksi hemoglobin di dalam tubuh. Buah ini juga mengandung tembaga, dan apabila tubuh kekurangan zat ini maka dapat menyebabkan anemia, masalah tiroid, penurunan kadar sel darah putih, dan osteoporosis.

7. Menambah Gula Darah

Buah nanas memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Bagi Anda yang memiliki kadar gula rendah, sebaiknya mengkonsumsi buah nanas ini untuk membantu menambah kadar gula darah di dalam tubuh.

8. Memperlancar Pencernaan

Manfaat buah nanas berikutnya adalah dapat memperlancar proses pencernaan, karena buah ini mengandung banyak sekali serat alami yang baik untuk membantu melancarkan pencernaan manusia. Pencernaan yang lancar dapat membantu untuk melancarkan buang air besar ataupun mencegah diare. Vitamin C yang terkandung juga dapat membantu sembelit. Selain itu, enzim protease yang terdapat di dalam buah nanas mampu mencerna protein di dalam tubuh.

9. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah nanas mengandung mineral-mineral penting seperti kalsium dan mangan yang dapat membantu memperkuat jaringan ikat dan menjaga kesehatan tulang. University of Maryland Medical Center mengatakan bahwa mangan juga berperan dalam membantu penyerapan kalsium dan mengatur gula darah. Selain itu, mangan juga berperan penting untuk menjaga fungsi saraf dan otak.

10. Menjaga Kesehatan Gigi

Kesehatan pada gigi tentu wajib dijaga, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah nanas yang kandungan vitamin C nya dapat membantu pencegahan plak pada gigi Anda yang dapat menimbukan nyeri pada gusi gigi.

11. Mengatasi Flu dan Demam

Buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga sangat cocok bagi penderita flu ataupun demam karena buah ini dapat membantu untuk mengatasinya. Buah ini dapat membantu melancarkan hambatan yang ada pada tenggorokan sehingga flu seperti batuk dapat segera sembuh. Vitamin C yang terkandung di dalam buah nanas juga dapat membantu memerangi virus yang menyebabkan flu.

12. Meredakan Radang Tenggorokan

Pada saat ini memang banyak sekali cara untuk meredakan radang tenggorokan tetapi tidak dengan cara dan bahan yang alami seperti buah nanas ini. Vitamin C yang terkandung di dalam buah ini sangat baik untuk mengatasi dan meredakan radang pada tenggorokkan. Jadi, cobalah untuk mengkonsumsi buah nanas ini dalam bentuk yang sudah diolah seperti jus.

13. Mengatasi Kembung

Kembung disebabkan oleh gas yang berlebihan pada suatu saluran pencernaan lambung dan usus. Buah nanas ini dapat mengatasi atau meredakan kembung tersebut hanya dengan mengkonsumsi jus buah nanas sebelum makan.

14. Mengobati Asam Urat

Para ahli dan pakar telah merekomendasikan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung enzim bromelain dan kalium untuk mengatasi asam urat. Karena kandungan tersebut bersifat diuretik yang mampu membantu mengatasi masalah asam urat. Tentu tidak mengonsumsi buah nanas yang terlalu matang, karena hal ini dapat mengakibatkan kadar asam urat naik.

15. Mempercepat Penyembuhan Luka

Buah nanas ini memiliki kandungan enzim bromelain yang bermanfaat untuk mempercepat proses pada luka dan mengurangi peradangan serta pembengkakan di dalam tubuh.

16. Memperlancar Haid

Bagi Anda yang sedang mengalami haid sebaiknya mengkonsumsi buah nanas yang masih muda, karena buah nanas muda bermanfaat untuk memperlancar haid Anda.

17. Meningkatkan Kualitas Sperma

Buah nanas sangat cocok bagi pria yang belum memiliki keturunan. Buah ini dapat membantu untuk meningkatkan kualitas sperma. Oleh sebab itu, konsumsilah buah nanas secara rutin untuk mengatasi permasalahan keturunan.

Nah, itulah tadi 17 manfaat buah nanas yang luar biasa untuk kesehatan Anda. Jika ada yang ingin memberikan kritik/sarannya silahkan berkomentar. Semoga artikel Sejuta Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan ini dapat memberikan manfaat bagi Anda semua yang membacanya. Akhir kata, terima kasih atas waktunya kawan dan jangan lupa berkunjung kembali ke blog Kesehatan dan Kecantikan ini untuk mendapatkan informasi kesehatan menarik berikutnya. :)

Salam,
Share this article :

20 comments:

  1. wah, bnyak juga ya manfaat buah nanas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang buah nanas itu bermanfaat banget gan :)
      terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  2. Iyaa nih.. Banyak juga manfaat buah nanas :D

    http://blog-anggara.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya.
      terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  3. Hahaha, katanya sejuta sist? Udah siap pasang mata jeli buat baca runtut, hehehe... nanas itu banyak juga yaa manfaatnya, selagi enak banget dimakan sore-sore begini campur sedikit garam :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha awalnya sih nulisnya itu sejuta eh tapi setelah di posting kena korting, jadi sekarang tinggal 17 deh. haha :D
      apalagi kalo dicampur dengan minuman dingin tambah seger gan. hehe :)

      Delete
  4. Meski banyak manfaatnya, untuk buah Nanas paling malas ngupasnya hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe usaha ngupas masnya akan terbalas kok dengan manfaat yang diberikan oleh buah nanas. Eaaa :D hehe
      thanks sudah berkunjung :)

      Delete
  5. Replies
    1. haha benar-benar unik nih agan yang satu ini. :D
      btw thanks kunjungannya gan. :)

      Delete
  6. buah nanas memepunyai kandungan vitamin C, vitamin C pada buah nanas dapat membantu menstabilkan kadar kolesterol penyebab asam urat berlebihan, makasih informasinya

    ReplyDelete
  7. boleh juga tu ternya banya manfaat nya ya buah nanas

    ReplyDelete
  8. Sangat bagus sekali manfaatnya, dan jika ini diterapkan setiap hari tentunya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete
  9. Nanas sangat bagus dan baik untuk menjaga kesehatan, selain rasanya yang enak dan asem-asem segar manis, tentunya nanas sangat baik untuk diolah seperti jus atau lainnya. Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete
  10. Postingan ini sangat bermanfaat, memberikan informasi mengenai hal yang belum diketahui. Semoga postingan ini bisa memberikan motivasi untuk selalu ingin tahu.

    ReplyDelete
  11. terima kasih atas informasinya. Semua beritanya terlihat menarik untuk di simak, mohon kunjungi juga website kami, kami tunggu. Terimakasih.

    ReplyDelete
  12. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

    ReplyDelete
  13. Manfaat dari buah nanas ini memang banyak sekali, namun harus diperhatikan juga frequensi konsumsinya. Senyawa antioksidannya sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.

    ReplyDelete
  14. Buah-buahan, pada umumnya emang bagus-bagus semua.

    ReplyDelete
  15. Wih keren banget ya manfaatnya, bisa ini dikonsumsi setiap hari

    ReplyDelete

Jika Bermanfaat, Jangan Lupa di LIKE dan FOLLOW Ya Sobat? :)

×
 
Support :Facebook | Twitter | Google+
Copyright © 2014. Kesehatan dan Kecantikan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Back to top
-->