Powered by Blogger.
Home » , » 12 Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

12 Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Written By Unknown on Sunday 5 October 2014 | 4:21 pm

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan memang sangat banyak dan sudah tidak diragukan lagi. Sebelum iklan ekstrak kulit manggis sefenomenal seperti saat ini, banyak orang yang mengganggap kulit manggis tidak lebih dari sampah karena kulit ini memiliki tekstur yang cukup keras dan rasanya yang pahit. Tetapi dibalik itu semua, kulit manggis ternyata memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Apakah Anda sudah mengetahui apa saja manfaat kulit manggis? Jika belum, berikut adalah 12 manfaat kulit manggis bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui :


Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan



Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan
Manfaat Kulit Manggis

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Meningkatkan Energi

Jika Anda mengkonsumsi jus kulit manggis secara rutin maka akan meningkatkan energi, memicu perasaan bahagia, serta dapat menambah stamina. Antioksidan tingkat tinggi yang terkandung di dalam kulit manggis dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta menangkal berbagai serangan penyakit.

2. Mengobati Sariawan

Kandungan vitamin C pada kulit manggis juga berfungsi untuk menyembuhkan sariawan. Caranya yaitu dengan menyiapkan 2 kulit buah manggis yang dicuci dan dipotong-potong terlebih dahulu, kemudian rebuslah kulit manggis dengan 3 gelas air sampai ukuran jumlah air berkurang 50%. Setelah dingin, saring hasil rebusan tersebut dan jadikan untuk berkumur. 

3. Anti Kanker

Kandungan xanthone di dalam kulit dan buah manggis bersifat anti proliferasi danapoptosis, yaitu bersifat efektif untuk menghambat pertumbuhan sekaligus menghancurkan sel-sel kanker.

4. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidan pada kulit manggis yaitu lebih tinggi 66,7 kali dari wortel dan lebih tinngi 8,3 kali dari kulit jeruk. Sebagai antioksidan, xanthone dapat menyembuhkan sel-sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas. Zat ini juga dapat memperlambat penuaan karena kandungan antioksidan yang sangat tinggi yang terdapat di dalam kulit manggis dapat meningkatkan regenerasi sel-sel sehingga dapat memperlambat proses penuaan.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Antioksidan yang terdapat di dalam kulit buah manggis juga dapat membantu mencegah penurunan fungsi otak yang dapat mengakibatkan penyakit seperti demensia dan Alzheimer dan kulit manggis ini juga dapat mencegah terjadinya faktor kerusakan sistem syaraf yang dapat mengakibatkan penyakit Parkinson. Kandungan flavonoid di dalam kulit manggis bekerja untuk menghentikan kerusakan ringan pada memori otak.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat kulit manggis selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan pencernaan Anda karena kandungan antioksidan di dalam kulit buah manggis dapat membantu untuk melindungi dan menurunkan kandungan asam yang tinggi pada lambung. Zat antimikroba di dalam kulit manggis dapat memerangi bakteri, parasit, serta jamur di dalam perut. Selain itu, zat antimikroba tersebut juga bekerja untuk mengatasi iritasi usus besar dan usus kecil yang dapat menyebabkan gangguan fungsi pencernaan dan serta diare. Ekstrak kulit manggis juga mampu untuk mencegah radang usus besar dengan cara menghambat infeksi pada kantong-kantong yang terdapat di lapisan usus besar.

7. Mencegah Batu Ginjal

Dengan mengkonsumsi ekstrak kulit manggis secara rutin dalam jumlah tertentu akan membuat Anda mengeluarkan air seni lebih sering sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit infeksi saluran kemih dan juga masalah batu ginjal.

8. Mencegah Penyakit Jantung

Kulit manggis juga mengandung kalium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung. Dengan demikian, kulit manggis dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner.

9. Melindungi dari Stroke

Kulit manggis mengandung mineral yang tinggi, seperti tembaga, magnesium, dan kalium. Kaliumnya dapat memberikan perlindungan terhadap stroke, karena zat tersebut mengontrol denyut jantung dan tekanan darah. 

10. Mencegah Anemia 

Kulit manggis dapat mencegah anemia karena sel darah merah bisa ditingkatkan dengan mengkonsumsi ekstrak kulit manggis ini. Dengan meningkatnya sel darah merah di tubuh Anda dapat membuat aliran darah lancar dan pembuluh darah bersih.

11. Mengatasi Stress

Di saat terjadinya stress, tubuh kita akan memproduksi hormon kortisol secara berlebihan. Zat Xanthone yang terkandung di dalam kulit manggis bekerja untuk menyeimbangkan kadar hormon kortisol sehingga secara alami tubuh mampu menurunkan tingkat depresi. Sehingga, hal ini akan membuat suasana hati Anda membaik serta meningkatkan mood.

12. Menurunkan Berat Badan

Antioksidan yang terdapat di dalam kulit manggis juga dapat membantu dalam hal penurunan berat badan. Antioksidan dalam xanthone akan menyeimbangkan hormon penyebab penumpukan lemak di dalam tubuh dengan cara menyeimbangkan kadar kortisol, yaitu hormon yang mampu untuk menstimulasi penumpukan lemak di dalam tubuh.

Nah, itulah tadi 12 manfaat kulit manggis yang wajib Anda ketahui. Jika ada yang ingin memberikan kritik dan sarannya silahkan berkomentar. Semoga artikel 12 Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan ini dapat memberikan manfaat bagi Anda semua yang membacanya. Akhir kata, terima kasih sobat untuk waktu luangnya dan jangan lupa berkunjung kembali ke blog Kesehatan dan Kecantikan ini untuk mendapatkan berbagai informasi kesehatan menarik selanjutnya. :)


Salam,
Share this article :

9 comments:

  1. Keren yaa manggis ternyata, pohon ini tumbuh subur di tempat gue :)) hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. uwah enak banget dong gan bisa setiap hari konsumsi manggis :D

      Delete
  2. Kunjungan malam, maaf belum sempet baca artikelnya soalnya bnyk tugas hehe, ijin bookmark dulu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya gakpapa kok gan. :)
      terima kasih yaa sudah berkunjung di blog sederhana ini :) hehe

      Delete
  3. artikelnya bagus sekali
    ma kasih bang

    ReplyDelete
  4. Hadir kembali berkunjung dihari yang indah dan cuaca yang cerah ini, terimakasih teman karena selalu berbagi info menarik yang ter up to date, keep blogging!!

    ReplyDelete
  5. website ini selalu mnenghangatkan saya dalam membuat artikel, terimakasih atas wawasan yang anda berikan cukup mudah di pahami. Terimakasih banyak,..

    ReplyDelete
  6. infonya sangat bermanfaat sekali mbak/mas, makasih yach!! beritanya bagus banget dan sangat menarik untuk di baca hari ini. Ijin share juga ya, terimakasih.

    ReplyDelete
  7. SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA, TEMAN-TEMAN YANG MENJALANKAN, SEMOGA TAHUN INI SELALU DIHUJANI BERKAH DAN RIDHO ALLAH SWT.

    ReplyDelete

Jika Bermanfaat, Jangan Lupa di LIKE dan FOLLOW Ya Sobat? :)

×
 
Support :Facebook | Twitter | Google+
Copyright © 2014. Kesehatan dan Kecantikan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Back to top
-->