Powered by Blogger.
Home » , » 10 Manfaat Mandi Air Hangat Untuk Kesehatan

10 Manfaat Mandi Air Hangat Untuk Kesehatan

Written By Unknown on Tuesday 19 August 2014 | 5:26 pm

 
10 Manfaat Mandi dengan Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Mandi Air Hangat

 10 Manfaat Mandi Air Hangat Untuk Kesehatan 

Guyuran air hangat selepas melaksanakan aktivitas yang melelahkan akan sangat menyenangkan dan menyegarkan tubuh dan juga pikiran. Tahukah Anda bahwa ternyata tidak hanya air putih yang bermanfaat bagi kesehatan tetapi mandi air hangat juga bermanfaat bagi kesehatan Anda. Tapi apakah Anda sudah tau mengenai manfaat Air Hangat tersebut, khususnya jika dipergunakan untuk mandi?. Jika belum, berikut merupakan 10 manfaat mandi air hangat :

1. Menghilangkan Stress

    Dengan Anda mandi atau berendam menggunakan air hangat, bermanfaat meredam stress yang Anda alami setelah berkativitas seharian. Jika ingin lebih rileks, Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial kedalam bak mandi Anda.

2. Mengatasi Susah Tidur

    Jika Anda mengalami masalah susah tidur atau insomnia, mandi air hangat ini akan sangat membantu untuk mengatasi masalah Anda. Rendam diri Anda dalam bak mandi berisi air hangat dan biarkan tubuh Anda rileks. Mandi air hangat akan meningkatkan suhu tubuh yang mana akan menurun secara perlahan-lahan saat Anda mulai meninggalkan bak mandi. Perubahan suhu ini akan memicu Anda untuk mengantuk dan cepat tertidur.

3. Memperlancar Peredaran Darah

    Saat berendam di air hangat, peredaran darah Anda akan menjadi lebih lancar, sehingga asupan oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh dapat terpenuhi secara maksimal. Hal tersebut akan berdampak baik bagi tubuh Anda yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sekaligus juga mengurangi resiko penyakit yang diakibatkan karena sirkulasi darah yang kurang lancar, seperti jantung, stroke, anemia, kanker, leukimia, dan  penyakit lainnya.

4. Melembabkan Kulit

    Mandi air hangat akan membuka pori-pori Anda dan membersihkan semua kotoran dan juga minyak yang menempel pada tubuh Anda. Kehangatan alami dari air ini akan melembabkan kulit dan juga membuatnya lembut serta kenyal.

5. Membuat Tubuh Lebih Bersih

    Air hangat lebih ampuh mengangkat kelebihan minyak dan kotoran yang menempel di permukaan kulit Anda, sehingga Anda akan merasa lebih bersih, segar, dan kulit juga akan menjadi lebih sehat.

6. Meringankan Leher dan Bahu yang Pegal

    Selain dipijit, mandi air hangat bisa untuk mengurangi leher dan bahu yang pegal dan kaku. Guyur bagian yang kaku dengan air hangat selama beberapa menit untuk merilekskan otot Anda.

7. Menurunkan Tingkat Gula Darah

    Menurut New England Journal of Medicine, berendam di bak mandi dengan air hangat dapat membantu menurunkan tingkat gula darah. Hal ini menjadi sangat membantu bagi Anda yang menderita diabetes atau yang hanya sekedar ingin menurunkan tingkat gula darah Anda.

8. Melepaskan Racun

    Mandi dengan menggunakan air hangat akan meningkatkan sirkulasi sistem getah bening dalam tubuh. Ini akan menyebabkan Anda berkeringat dan melepaskan racun dan bakteri dari tubuh Anda.

9. Meningkatkan Kesehatan Jantung

    Dr Bruce E. Becker, Direktur Medis dari St Luke Rehabilitasi Institute, telah menyarankan bahwa mandi air hangat dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini karena ketika Anda sedang berendam dalam air hangat, hal tersebut memberikan tekanan pada tubuh yang akan menstimulasi kerja pada jantung Anda.

10. Menyembuhkan Flu dan Sakit Kepala

      Mandi dengan air hangat memungkinkan Anda untuk menghirup uap yang bertindak sebagai dekongestan alami. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti minyak kayu putih atau peppermint untuk sensasi relaksasi yang lebih kuat. Selain itu air hangat yang dicampur dengan minyak ini akan membantu melawan dahak dan sakit tenggorokan. Selain itu juga mempercepat sirkulasi darah yang dapat membantu meringankan sakit kepala.

Nah itu dia 10 Manfaat Mandi Air Hangat Untuk Kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membacanya. Dan mohon maaf jika ada kata-kata yang salah, apabila kalian mau menambahkan atau sekedar memberikan saran silakan berkomentar ya? Terima kasih.

Salam,

Share this article :

1 comments:

  1. Postingan ini sangat bermanfaat, memberikan informasi mengenai hal yang belum diketahui. Semoga postingan ini bisa memberikan motivasi untuk selalu ingin tahu.

    ReplyDelete

Jika Bermanfaat, Jangan Lupa di LIKE dan FOLLOW Ya Sobat? :)

×
 
Support :Facebook | Twitter | Google+
Copyright © 2014. Kesehatan dan Kecantikan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Back to top
-->