Powered by Blogger.
Home » , » 13 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

13 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Written By Unknown on Friday 5 September 2014 | 9:56 pm

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Pisang

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Pisang merupakan buah tropis yang menjadi favorit banyak orang dan jenis tumbuhan ini banyak ditemukan di Indonesia. Buah pisang ini memiliki sejuta manfaat. Beruntunglah bagi orang yang gemar mengkonsumsi buah pisang, karena di dalam buah pisang terkandung begitu banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh. Nah, berikut saya sajikan 13 manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh Anda:

1. Baik untuk Darah 

Pisang kaya akan kandungan vitamin B6 yang penting dalam pembuatan antibodi dan hemoglobin di dalam darah. Vitamin B6 sangat penting untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

2. Mengatasi Anemia 

Pisang mengandung zat besi, yang penting dalam mengatasi anemia. Senyawa ini penting juga dalam pembuatan hemoglobin di dalam tubuh.

3. Sumber Energi 

Kandungan karbohidrat dalam pisang bisa jadi sumber energi untuk tubuh kita. Pisang juga mengandung tiga jenis gula alami yaitu glukosa, sukrosa, dan fruktosa, yang dapat dengan cepat diubah menjadi energi. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menambah energi dalam melakukan aktivtas sehari-hari, kita harus mengkonsumsi 2 buah pisang per hari.

4. Kaya akan Vitamin dan Serat

Tahukan anda bahwa pisang memiliki lebih dari dua kali lipat karbohidrat dan lima kali lipat vitamin A dibandingkan apel. Selain itu pisang juga kaya akan kandungan potasium. Oleh karena itu buah pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi dan virus. Sehingga tubuh akan terasa segar dan tidak cepat lemas.

6. Memperlancar Buang Air Besar

Bagi Anda yang sedang mengalami kesulitan buang air besar, Anda dapat memakan buah pisang sebagai langkah awal untuk mengatasinya. Karena buah pisang dapat membantu memperlancar pembuangan sisa tubuh dalam proses metabolisme.

7. Baik untuk Otak 

Manfaat buah pisang yang lain adalah dapat meningkatkan kekuatan otak Anda. Sekitar 20% dari aliran darah tubuh dipompa ke jantung. Selain itu, otak juga membutuhkan banyak energi dan oksigen untuk bekerja. 

8. Mencegah Stroke

Kandungan potasium pada pisang dapat mencegah serangan stroke. Terbukti, penelitian telah menunjukkan bahwa makan pisang secara teratur dapat mengurangi 40% risiko kematian karena stroke. 

9.  Mencegah Penyakit Jantung

Pisang juga dapat mencegah penyakit jantung koroner karena kandungan Vitamin C dan flavonoid pada buah pisang yang bersifat antioksidan dapat mencegah proses oksidasi lemak yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Kalium di dalam buah pisang merupakan tonik yang baik bagi jantung. Zat pektinnya juga ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.

10. Mengobati Sakit Maag

Buah pisang juga bisa menjadi solusi disaat kita sakit maag. Jika sakit maag menyerang Anda, segeralah makan buah pisang dan rasa sakit akibat maag akan segera berkurang karena pisang memiliki zat penangkal asam dalam tubuh sehingga dapat meredakan sakit maag.

11.  Kesehatan Ginjal 

Dengan bantuan kalium, pisang juga bisa mengurangi risiko batu ginjal yang berhubungan dengan ekskresi kalsium dalam urin. 

12. Dapat Menurunkan Berat Badan

Kabar gembira bagi anda yang sedang mengikuti program diet, ternyata karbohidrat kompleks yang terkadung di dalam buah pisang tidak akan menaikkan kadar glukosa secara drastis, selain itu pisang juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Dengan catatan, pisang tidak boleh diolah menjadi banana milk shake, kolak, ataupun pisang goreng. Kandungan serat pada buah pisang dapat memperlancar proses metabolisme sehingga dapat menurunkan berat badan. 

13. Meningkatkan Mood

Selain cokelat, buah pisang juga bermanfaat untuk membantu meningatkan suasana hati sehingga mood stabil dan terus positif sepanjang hari. Vitamin B6 atau triptofan berperan penting dalam pembuatan hormon serotonin, yang bertugas untuk mengatur suasana hati dan menenangkan otak. Jadi jika anda sedang galau, cobalah untuk mengkonsumsi pisang.

Nah, itulah 13 manfaat buah pisang bagi kesehatan Anda. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda semua yang membacanya. Silahkan bagi yang ingin menambahkan atau sekedar memberikan kritik dan sarannya. Dan jangan lupa untuk berkunjung lagi ke blog sederhana saya ini lagi ya. Terima kasih. 

Salam,
Share this article :

1 comments:

Jika Bermanfaat, Jangan Lupa di LIKE dan FOLLOW Ya Sobat? :)

×
 
Support :Facebook | Twitter | Google+
Copyright © 2014. Kesehatan dan Kecantikan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Back to top
-->