Powered by Blogger.
Home » , » 10 Cara Mengurangi Mata Minus Anda

10 Cara Mengurangi Mata Minus Anda

Written By Unknown on Saturday 20 September 2014 | 5:49 pm

Cara Mengurangi Mata Minus Secara Alami
Mengurangi Mata Minus

Cara Mengurangi Mata Minus

Mata minus atau rabun merupakan suatu keadaan dimana kita tidak dapat melihat suatu objek secara jelas. Mata minus sendiri dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu mata minus rabun jauh dan mata minus rabun dekat. Mata minus rabun jauh merupakan kelainan pada mata yang tidak dapat melihat objek dengan jarak yang jauh secara jelas. Kadar minus pada mata bisa bertambah jika Anda tidak mengatur pola hidup dan tidak berusaha untuk menguranginya. Nah, berikut saya sajikan 10 cara mengurangi mata minus Anda secara alami :

1. Lepaslah Kacamata

Ketika memungkinkan untuk bekerja tanpa menggunakan kacamata, lepaskanlah kacamata Anda. Hal ini berguna untuk mengurangi ketergantungan mata kita pada kacamata sekaligus juga dapat menurunkan minus mata. Dengan melakukan cara ini, mata Anda akan menjadi lebih kuat dan lebih banyak bergerak sehingga otot-otot yang digunakan untuk berakomodasi pun menjadi lebih fleksibel.

2. Mengkonsumsi Sayuran dan Buah-Buahan

Cara alami yang sangat baik untuk mengurangi mata minus Anda adalah dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin A. Cobalah untuk mengkonsumsi apel, alpukat, wortel, bayam, telur, dan makanan-makanan lainnya yang kaya vitamin A secara rutin. Jika Anda bosan mengkonsumsi buah-buahan tersebut secara mentah, Anda bisa menjadikannya sebagai jus agar pola menu sehat Anda lebih bervariasi dan tidak monoton.

3. Terapi Lilin 

Lilin juga memiliki manfaat untuk membantu mengurangi tingkat minus mata Anda. Caranya, nyalakan lilin tersebut dan tatap lilin tersebut tanpa banyak berkedip. Usahakan jangan sering berkedip, biarkan hingga banyak air mata yang keluar. Terapi lilin ini memang sangat sederhana, namun cukup ampuh untuk mengurangi mata minus apabila dilakukan secara rutin.

4. Terapi Daun Sirih

Daun sirih ini dapat membantu Anda untuk menyembuhkan mata minus dengan cara alami. Cara penggunaannya sangat mudah, terlebih dahulu bersihkan daun sirih, kemudian tempelkan di kelopak mata saat Anda tidur. Lakukan terapi ini secara rutin untuk merasakan hasilnya. 

5. Terapi dengan Melihat Benda Bergerak

Latihlah mata Anda untuk melihat benda-benda yang bergerak. Misalnya, ketika Anda sedang berada di jalan raya, Anda bisa mengamati kendaraan, orang-orang atau apapun yang berlalu lalang di sekitar Anda. Lihat lah dan perhatikan setiap gerakannya. Usahakan setiap bayangan yang Anda lihat adalah utuh dan tidak rabun.

6. Terapi dengan Melihat Obyek yang Jauh

Cara mengurangi mata minus berikutnya adalah dengan melatih mata Anda untuk melihat objek yang jauh tanpa menggunakan kacamata. Sebagai contoh, pergi lah ke sawah atau pantai karena tempat-tempat tersebut memiliki sudut pandang yang jauh dan luas, kemudian latihlah mata Anda disana.

7. Senam Mata

Senam mata merupakan aktivitas ringan yang bisa Anda lakukan untuk melatih otot-otot mata dalam melakukan fokus pada suatu obyek. Senam mata ini sangat mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja. Caranya, cukup kedip-kedipkan mata Anda selama beberapa saat, lalu cobalah untuk menatap satu benda ke benda lain secara begantian. Setelah itu, putarlah bola mata Anda ke kanan dan ke kiri.

8. Istirahat Setiap 30 Menit

Pastikan Anda selalu menerapkan rumus untuk beristirahat selama 30 menit dalam beraktivitas yang melibatkan mata, seperti menonton televisi, bekerja di depan komputer, ataupun membaca. Periode istirahat Anda tidak perlu terlalu lama, cukup biarkan selama 3-5 menit saja. Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat ini untuk melakukan senam mata ataupun dengan memandang obyek yang berwarna hijau.

9. Memakai Kacamata Saat Berkendara

Gunakanlah kacamata saat Anda sedang berkendara. Hal ini bertujuan agar mata Anda tidak bersentuhan langsung dengan debu.

10. Menjaga Kebersihan Mata

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan bola mata Anda. Bersihkan bola mata Anda secara rutin dengan obat tetes mata. Pastikan juga untuk secara rutin mengecekkan kesehatan mata Anda di dokter mata dan untuk mengecek kadar minus mata Anda.

Nah, itulah tadi 10 Cara Mengurangi Mata Minus Anda. Jika ada yang ingin menambahkan atau memberikan masukan silahkan. Jangan lupa juga berkunjung kembali ke blog ini untuk mendapatkan informasi-informasi kesehatan berikutnya. Akhir kata, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan selamat mencobanya, Terima kasih sobat atas waktunya. :)

Salam,
 
Share this article :

2 comments:

  1. Ok Gan ... Sangat Bermanfaat Arikelnya,
    Saya akan coba salah satu sarannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dicoba mas dan semoga dapat memberikan manfaat buat masnya :)

      Delete

Jika Bermanfaat, Jangan Lupa di LIKE dan FOLLOW Ya Sobat? :)

×
 
Support :Facebook | Twitter | Google+
Copyright © 2014. Kesehatan dan Kecantikan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Back to top
-->