Powered by Blogger.
Home » , » 10 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

10 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

Written By Unknown on Thursday 18 September 2014 | 2:14 pm

Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan
Daun Pepaya

Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

Tanaman pepaya memang memiliki banyak manfaat mulai dari daunnya, buahnya, bijinya, batangnya, bahkan sampai akarnya pun bermanfaat. Jika sebelumnya saya memposting manfaat buah pepaya kali ini saya akan posting manfaat dari daun pepaya nya. Walaupun daun pepaya ini memiliki rasa yang pahit, tetapi justru dibalik rasa pahit daun pepaya inilah yang menyimpan segudang manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Nah, berikut adalah 10 manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh Anda :

1. Mencegah Penyakit Kanker

Mengkonsumsi olahan masakan dari daun pepaya secara teratur terbukti berkhasiat melawan penyakit kanker. Kandungan getah putih yang ada di dalamnya merupakan zat anti-kanker dan getah ini pun secara otomatis akan ikut terkonsumsi ketika memakan daun pepaya dalam bentuk apa pun.

2. Melancarkan Pencernaan

Cukup dengan mengkonsumsi rebusan daun ini atau diolah menjadi sayuran seperti tumis, maka anda sudah mendapatkan manfaat dari daun pepaya yaitu terhindar dari masalah gangguan pencernaan.

3. Mengobati Demam Berdarah

Bagi Anda yang menderita penyakit demam berdarah, campurkan 5 lembar daun pepaya dengan gula merah, temulawak, dan meniran secukupnya. Kemudian rebus dan minum lah air rebusan daun pepaya tersebut. Anda juga bisa menambahkan sedikit garam dan madu sebanyak 2 sendok. Anda dapat meminum ramuan ini sebanyak 3 kali sehari yakni pada pagi, sore, dan malam menjelang tidur. Lakukan secara teratur sampai demam berdarah Anda sembuh.

4. Memperkuat Tulang dan Gigi

Konsumsi sayur daun pepaya secara teratur dapat memperkuat tulang dan gigi anda. Kandungan alaminya dipercaya dapat membuat gigi Anda lebih kuat dan tulang lebih sehat.

5. Obat Penambah Nafsu Makan

Untuk mengatasi masalah kurang nafsu makan, daun pepaya ini bisa jadi solusinya. Caranya, campurkan daun pepaya segar dengan garam dapur dan air hangat secukupnya. Tumbuklah daun pepaya sampai halus kemudian saring airnya dan silahkan Anda minum air saringan tersebut.

6. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi 

Manfaat daun pepaya berikutnya adalah mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. Caranya, rebuslah 5 lembar daun pepaya dengan setengah liter air, kemudian ambil lah air rebusan daun pepaya tersebut, lalu Anda juga bisa menambahkan pemanis seperti madu atau gula merah. Minum lah air rebusan tersebut selagi masih hangat.

7. Mengobati Flu

Anda juga bisa mengobati flu yang Anda alami dengan menggunakan daun pepaya ini. Caranya yakni cukup lumatkan 3 lembar daun pepaya muda, peras lalu tambahkan garam. Untuk obat flu anak-anak minumkanlah dua kali sehari, dan untuk orang dewasa minumlah sebanyak empat kali sehari.

8. Mengobati Nyeri Saat Haid

Bagi Anda wanita yang mengalami nyeri perut saat dan menjelang haid. Kandungan dari daun pepaya dapat meredakannya. Caranya, campurkan 1 lembar daun pepaya mentah, asam jawa dan garam kemudian rebus hingga matang. Kemudian minum lah air ramuan daun pepaya tersebut untuk mengobati nyeri haid Anda.

9. Melancarkan Air Susu Ibu 

Bagi ibu yang sedang menyusui, daun pepaya dapat melancarkan ASI. Caranya adalah dengan menggunakan 5 lembar daun pepaya yang diletakkan di atas api hingga layu, kemudian tempelkan lah  daun pepaya yang masih hangat tersebut pada bagian payudara Anda, kecuali pada bagian puting.

10. Menghilangkan Jerawat di Wajah

Untuk menghilangkan jerawat di wajah Anda, pertama-tama Anda harus menjemur 2 lembar daun pepaya yang sudah tua, lalu ketika sudah mengering, tumbuklah daun tersebut dengan dicampurkan sedikit air hangat. Kemudian gunakan ramuan hasil tumbukan tersebut untuk dioleskan pada area jerawat di wajah Anda. Diamkan sekitar 20-30 menit kemudian bersihkan wajah Anda dengan air sampai bersih.

Nah, itulah tadi 10 manfaat daun pepaya bagi kesehatan. Mohon maaf jika di artikel ini ada kekurangan dan jika ada yang ingin menambahkannya dipersilahkan. Jangan lupa berkunjung kembali ke blog sederhana ini ya untuk mendapatkan informasi kesehatan terbaru berikutnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba. Terima kasih pembaca semua untuk waktunya. :)

Salam,
 
Share this article :

2 comments:

Jika Bermanfaat, Jangan Lupa di LIKE dan FOLLOW Ya Sobat? :)

×
 
Support :Facebook | Twitter | Google+
Copyright © 2014. Kesehatan dan Kecantikan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Back to top
-->