Powered by Blogger.
Home » , » 12 Tips Mengatasi Sariawan Secara Alami

12 Tips Mengatasi Sariawan Secara Alami

Written By Unknown on Saturday 13 September 2014 | 7:22 pm

Tips Mengatasi Sariawan Secara Alami
Mengatasi Sariawan Secara Alami

Tips Mengatasi Sariawan Secara Alami

Sariwan adalah suatu kelainan yang terjadi pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan sedikit cekung. Sariawan bisa sangat menyakitkan dan dapat mengganggu aktivitas para penderitanya terutama pada saat mengunyah atau saat menelan makanan. Nah, berikut adalah 12 tips mengatasi sariawan secara alami yang sebaiknya Anda coba :

1. Air Kelapa

Air kelapa merupakan minuman energi dengan enzim bioaktif yang dapat meningkatkan metabolisme Anda dan meredakan rasa lelah. Manfaat dari air kelapa adalah membersihkan racun dari tubuh, dapat memberi efek yang baik bagi pencernaan, dan air kelapa juga dapat mengobati telapak kaki yang pecah-pecah dan juga sariawan. Untuk mengobati sariawan dengan air kelapa ini caranya adalah ambil air kelapanya, jika ada air kelapa hijau, lalu gunakan untuk berkumur.

2. Yogurt

Yogurt sangat baik untuk menyeimbangkan bakteri di dalam tubuh dan di mulut. Hal ini akan mempercepat penyembuhan dan membantu mencegah timbulnya sariawan karena jumlah bakteri yang berada di dalam mulut atau tubuh akan berkurang. Untuk merasakan hasil yang maksimal, pastikan yogurt mengandung acidophilus hidup.

3. Air Garam

Berkumur lah dengan air hangat yang dicampur dengan garam dan lakukan lah tiga kali sehari, hal ini dapat mengatasi sariawan dengan cepat. Kandungan di dalam garam dapat menarik cairan pada luka sariawan sehingga dapat mempercepat penyembuhan.

4. Baking Soda

Untuk mengatasi sariawan campurkan lah baking soda dengan air yang dijadikan obat kumur atau bisa juga dijadikan pasta untuk melapisi luka sariawan. Untuk dijadikan pasta caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan garam dengan backing soda dan tambahkan sedikit air. Setelah itu oleskan pada sariawan Anda dan tunggu sekitar 10 menit, setelah itu basuh dengan air. Baking soda akan membantu menghilangkan bakteri di dalam mulut dan mengurangi rasa sakit. 

5. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji selain dapat mengobati sakit perut, juga dapat mengobati sariawan. Hal ini karena daun jambu biji dapat meredakan segala iritasi. Caranya adalah kunyah beberapa lembar daun jambu biji yang sudah dicuci lalu berkumur lah dengan air putih yang bersih.

6. Tomat

Kombinasi vitamin A dan C dalam tomat berguna untuk memelihara kesehatan gigi, gusi dan dapat mengobati sariawan. Tomat memiliki beberapa manfaat yaitu mempercepat sembuhnya luka, menjaga organ pengelihatan, mencegah pendarahan pembuluh darah halus, mencegah penyakit skorbut, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan reproduksi. Cara menggunakannya adalah makanlah langsung tomat yang mentah atau Anda juga bisa berkumur dengan jus tomat.

7. Kunyit 

Kunyit selain dapat dijadikan rempah-rempah atau bumbu masak, kunyit juga sering digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit dibagian lambung atau saluran pencernaan. Selain itu kunyit ternyata juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Caranya adalah buatlah pasta dari kunyit dengan cara, cuci bersih kunyit kemudian haluskan dan campurkan kunyit dengan satu sendok teh gliserin dengan cara ditumbuk atau diblender. Selanjutnya Anda oleskan pada bagian yang sariawan.

8. Buah Pisang dan Madu

Untuk mengatasi sariawan, Anda dapat membuat pasta dari pisang dan madu. Caranya adalah haluskan buah pisangnya dengan sendok ataupun diblender. Kemudian campurkan dengan madu. Selanjuntnya anda oleskan pada luka sariawan Anda. Hal ini berfungsi untuk mencegah peradangan dan megobati sariawan Anda.

9. Bawang Putih dan Pepaya 

Bawang putih dikenal dengan zat yang bisa meredakan luka dalam waktu cepat. Bawang putih ternyata juga sangat baik untuk mengatasi sariawan Anda. Anda juga dapat menggunakan pepaya untuk menyembuhkan sariawan. Caranya dengan menempelkan bawang putih dan pepaya langsung pada bagian luka sariawan Anda.

10. Minyak Kelapa dan Madu 

Mencampurkan minyak kelapa dan madu merupakan hal yang efektif yang bisa mengatasi sariawan. Karena minyak kelapa mengandung anti bakteri, sehingga campuran madu dan minyak kelapa bisa anda oleskan pada sariawan anda.

11. Bubuk Kopi

Ambil lah sedikit bubuk kopi kemudian oleskan pada bagian yang sariawan. Biarkan sekitar 5-10 menit, kemudian kumurlah dengan air sampai bersih. Lakukan secara rutin hingga sembuh.

12. Minum Vitamin

Untuk hasil yang maksimal dan agar sariawan Anda lekas sembuh sebaiknya Anda juga mengkonsumsi vitamin tambahan seperti vitamin B, vitamin C, zat besi dan asam folat yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga berperan dalam pencegahan dan penyembuhan sariawan.

Nah, itulah tadi 12 tips mengatasi sariawan secara alami. Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda semua yang membacanya. Jika ada yang ingin menambahkan silahkan. Jangan lupa berkunjung lagi untuk mendapatkan update an selanjutnya ya. Terima kasih.

Salam,

Share this article :

1 comments:

Jika Bermanfaat, Jangan Lupa di LIKE dan FOLLOW Ya Sobat? :)

×
 
Support :Facebook | Twitter | Google+
Copyright © 2014. Kesehatan dan Kecantikan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Back to top
-->