Powered by Blogger.
Home » , » 10 Tips Mengatasi Insomnia

10 Tips Mengatasi Insomnia

Written By Unknown on Wednesday 27 August 2014 | 3:00 pm

 
Tips Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur
Insomnia/susah tidur

Tips Mengatasi Insomnia

Apakah Anda memiliki kesulitan untuk tidur lelap di malam hari? Sering terbangun di tengah malam dan tidak bisa lagi kembali tidur? Jika iya, berarti Anda mengalami insomnia atau sulit tidur. Mengalami insomnia dapat mengganggu aktivitas sehari-hari akibat badan tidak fit karena kurang tidur. Walaupun bukan tergolong penyakit yang serius, tetapi jika insomnia dibiarkan, efek sampingnya bisa menurunkan kualitas hidup dan mempengaruhi kesehatan. Berikut adalah 10 cara mengatasi insomnia atau susah tidur:

1. Jangan Merokok

Nikotin juga merupakan sebuah stimulan, sama halnya dengan kafein. Nikotin akan membuat Anda semakin terjaga dan dapat memperburuk insomnia.
Tips: Untuk mempermudah rencana berhenti merokok Anda, Anda akan tidur sedikit lebih baik jika Anda merokok lebih sedikit dari biasanya dan telah berhenti melakukannya selama paling tidak empat jam sebelum Anda pergi tidur.

2. Jauhi Kafein

Minuman yang mengandung kafein diantaranya adalah kopi, teh, minuman energi, dan minuman bersoda. Jauhi minuman yang mengandung kafein setelah pukul 3 di sore hari. Karena diperlukan waktu beberapa jam agar efek kafein hilang dari tubuh. Kafein yang masih tersisa di dalam tubuh akan membuat Anda susah tidur.

3. Jangan Minum Alkohol

Batasi diri untuk mengonsumsi wine atau koktail. Walaupun alkohol dapat membuat Anda merasa mengantuk, tetapi alkohol tidak bisa memberi Anda tidur yang nyenyak. Ingat, alkohol bukanlah cara yang baik untuk mengatasi insomnia, alkohol justru menambah masalah.

4. Olahraga Teratur

Olahraga teratur telah terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur, selama Anda melakukannya tidak terlalu dekat dengan waktu tidur. Luangkan waktu 30 menit untuk berolahraga di pagi hari dan beri jarak antara Anda selesai berolahraga dengan waktu tidur antara 3-4 jam di malam hari. Dengan berolahraga, Anda dapat melepaskan hormon endorphin, jenis hormon yang dapat membuat Anda sulit untuk tidur.
Tips: olahraga atau latihan ringan seperti yoga, tai chi, dan latihan-latihan serupa boleh dilakukan sebelum tidur. Jika Anda terbangun di malam hari, cobalah lakukan latihan pernafasan untuk dapat kembali tidur dengan mudah.

5. Mandi Air Hangat 

Mandi air hangat juga meningkatkan kualitas tidur yang baik. Setelah seharian beraktivitas, janganlah langsung tidur terlebih dahulu, sempatkan 90 menit sebelum tidur untuk mandi atau berendam dengan air hangat. Tubuh kita membutuhkan suhu tubuh yang nyaman dan relaksasi agar tidur lebih nyenyak.
Berendamlah dengan air bersuhu 32-37 derajat Celsius selama 10-20 menit agar suhu tubuh kita stabil karena hangatnya air dapat melebarkan pembuluh darah. Air hangat pun dapat melemaskan otot-otot yang kaku akibat beraktivitas. Cobalah semprotkan air hangat dengan menggunakan shower ke bagian tubuh yang menurut Anda pegal, maka otot yang kaku akan meregang dengan bantuan tekanan dari semprotan dari shower tersebut.

6. Mengkonsumsi Makanan Bernutrisi

Mulailah mengkonsumsi makanan bernutrisi. Pisang adalah salah satu makanan yang dapat Anda konsumsi untuk mengobati insomnia. Dengan kandungan vitamin B6 yang tinggi, pisang dapat menjaga jam tidur Anda dengan baik karena dapat menghasilkan hormon serotonin yang membuat tubuh menjadi rileks.
Makanan atau minuman yang kaya akan kalsium juga dapat membantu Anda untuk mengatasi insomnia di malam hari. Nutrisi tersebut juga dapat mendorong meningkatnya produksi hormon serotonin. Sebaiknya sebelum tidur Anda mengonsumsi segelas susu hangat.

7. Atur Jadwal Tidur

Aturlah agar jadwal pergi dan bangun tidur Anda sama di setiap harinya, termasuk juga akhir pekan. Ini adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi insomnia, karena tubuh manusia dirancang dengan jam biologis dan membutuhkan rutin tidur yang baik. Rutinitas ini akan membuat tubuh dan otak Anda tetap pada siklus bangun dan pergi tidur yang sehat. Pada waktunya, Anda akan dapat jatuh tertidur dengan nyenyak sepanjang malam sesuai jadwal.

8. Mendengarkan Musik

Apakah Anda penggemar musik? Jika iya, Anda juga bisa menggunakan musik sebagai cara untuk menghilangkan insomnia. Musik yang Anda dengarkan dapat mengirimkan transmisi ke otak yang dapat membuat Anda tertidur. Namun, tidak semua jenis musik bisa seperti itu. Musik-musik lembut seperti klasik dan nuansa mellow yang dapat membantu Anda terlelap. Anda juga dapat mendengarkan suara-suara alam seperti desiran ombak, hembusan angin pegununan atau bunyi hutan yang membuat Anda merasa nyaman. Biarkan diri Anda hanyut dalam musik tersebut dan Anda akan segera terlelap ke dalam mimpi.

9. Relaksasikan Pikiran Anda

Relaksasikan pikiran Anda sebelum tidur. Salah satu cara terbaik mengatasi insomnia adalah pergi ke tempat tidur dengan pikiran jernih dan tenang. Redakan emosi dan hilangkan juga pikiran Anda dari masalah keluarga atau pekerjaan sekitar satu jam sebelum tidur.

10. Lakukan Aktifitas Santai

Jika dalam waktu setengah jam sejak merebahkan diri Anda belum juga terlelap, cobalah bangun dan lakukan aktifitas santai sebelum tidur, seperti membaca buku. Dengan membaca buku lama-kelamaan Anda akan merasa kantuk.

Nah, itulah 10 tips untuk mengatasi insomnia yang Anda alami. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua yang meembacanya. Jika ingin menambahkan atau memberikan kritik dan saran silahkan berkomentar. Dan jangan lupa untuk berkunjung lagi ke blog sederhana saya untuk mengetahui informasi-informasi kesehatan selanjutnya. Terima kasih.

Salam,
 
Share this article :

2 comments:

  1. Tipsnya cocok tuh buat orang tua saya. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya terima kasih sudah berkunjung, dan semoga artikel ini dapat membantu orang tua anda. :)

      Delete

Jika Bermanfaat, Jangan Lupa di LIKE dan FOLLOW Ya Sobat? :)

×
 
Support :Facebook | Twitter | Google+
Copyright © 2014. Kesehatan dan Kecantikan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Back to top
-->