Powered by Blogger.
Home » , » 13 Tips Mengatasi Migrain Secara Alami

13 Tips Mengatasi Migrain Secara Alami

Written By Sharon Caroline on Friday, 29 August 2014 | 5:42 pm

Tips Mengatasi Migrain Secara Alami
Mengatasi Migrain

Tips Mengatasi Migrain Secara Alami

Sakit kepala sebelah atau sering disebut migrain adalah jenis sakit kepala yang paling mengganggu. Sakitnya yang luar biasa seringkali membuat orang mengurangi produktifitas kerja dan membuat banyak aktivitas terganggu. Ada beberapa hal yang dapat memicu timbulnya migrain diantraranya adalah makanan, zat aditif, perubahan hormon, stres, obat-obatan, suara keras, dan cahaya yang terang. Oleh karena itu, kenalilah pemicu migrain Anda dan hindari pemicu tersebut sebisa mungkin untuk mencegah migrain muncul kembali. Sebelum meminum obat, ada baiknya Anda tahu cara mengatasi migrain secara alami dan mudah. Nah berikut 13 tips mengatasi migrain secara alami :

1. Pijat Pelipis Anda

Ini adalah cara alami yang sudah digunakan sejak lama untuk mengatasi migrain. Pemijatan ini adalah cara alami untuk meredakan sakit di sekitar kepala dan membuat tubuh terasa nyaman karena pijatan ini dapat mengendorkan ketegangan saraf-saraf otak dan mengurangi rasa sakit migrain Anda.

2. Kompres Kepala Dengan Es

Mengompres kepala dengan es yang sudah dibungkus kantong plastik atau air dingin dapat meredakan migrain. Berbaringlah dengan posisi nyaman dan gosok kompres es di bagian yang sakit.

3. Menggunakan Aroma Minyak Gosok

Gunakan minyak pemijat atau minyak gosok di bagian pelipis, lalu gosokkan. Bisa juga Anda oleskan di sekitar leher yang terasa kaku. Aroma minyak dan rasa hangat bisa membuat tubuh terasa nyaman dan mengurangi rasa sakit.

4. Minum Banyak Air Putih

Kurangi minuman bersoda, kopi, dan soft drink lainnya. Dianjurkan minum enam sampai delapan gelas air putih sehari. Dengan banyak minum air putih maka dapat membantu tubuh membersihkan racun yang dapat menyebabkan migrain.

5. Teh Jahe Hangat

Pada saat mendapatkan serangan migrain, minumlah teh jahe hangat yang dibuat dari jahe segar untuk mengatasi migrain Anda. Jahe berperan sebagai anti inflamasi yang bekerja dengan cara menghambat sintesis prostaglandin, senyawa kimia yang dapat memicu migrain. Minuman teh jahe hangat dapat menurunkan durasi dan tingkat keparahan migrain.

6. Akupunktur

Terapi akupunktur dapat meredakan migren dengan melepaskan penyumbatan energi dalam tubuh dan melancarkan kembali aliran darah, mengendurkan kembali pembuluh darah kecil yang menegang dan menjadi penyebab terjadinya migren.

7. Chiropractic

Cobalah metode penyembuhan alternatif Chiropractic untuk mengatasi migrain yang mungkin sering mengganggu aktivitas Anda.
Pengobatan chiropractic dapat membantu migren dengan cara meluruskan kembali tulang punggung dan leher, melepaskan tekanan pembuluh darah yang tegang, sehingga darah dapat kembali mengalir bebas pada tubuh dan sistem saraf.

8. Aromaterapi

Aromaterapi diyakini dapat membantu mengatasi migrain. Tambahkan beberapa tetes minyak aromaterapi lavender pada handuk kecil dan gunakan sebagai kompres di kepala, ini dapat meredakan sakit kepala akibat migren. Contoh aromaterapi ini adalah esensial oil dari cendana, rosemary, lavender, dan daun basil. Esensial oil ini dapat membuat Anda merasa rileks dan dapat mengendorkan saraf-saraf yang tegang.

9. Hidroterapi

Hidroterapi adalah teknik terapi dengan menggunakan air. Untuk mengatasi migrain, cobalah masukkan kaki Anda ke dalam air dingin dan letakkan kain hangat pada bagian leher Anda. Cara ini dapat membantu melancarkan aliran darah dari kepala ke kaki. Selain itu, Anda juga bisa mandi shower dengan air hangat untuk mengurangi ketegangan pada bagian leher dan punggung.

10. Makanan Makanan Asin

Jika Anda mulai merasakan serangan migrain, ambil makanan dengan rasa asin, misalnya keripik asin. Menikmati makanan asin dapat meringankan serangan migrain agar tidak semakin parah.

11. Makanan Yang Kaya Magnesium

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan magnesium dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya migrain. Magnesium dapat mengendorkan ketegangan pada saraf dan otot serta mengalirkan impuls-impuls saraf ke seluruh bagian tubuh dan otak. Konsumsi magnesium sebesar 200-600mg sehari dapat mencegah timbulnya migrain. Oleh karena itu, konsumsilah suplemen atau makanan-makanan yang kaya magnesium seperti sayur-sayuran hijau dan kacang-kacangan untuk mengatasi migrain Anda.

12. Makanan Yang Kaya Vitamin B2

Vitamin B2 memiliki khasiat untuk mengatasi migrain. Vitamin B2 dapat bertindak sebagai aspirin yang berkhasiat untuk mengobati sakit kepala. Konsumsi vitamin B2 secara rutin selama 3 bulan sebanyak 400 mg per hari dapat menurunkan resiko migrain sebesar 50%. Makanan yang mengandung vitamin B2 adalah keju, yogurt, daging, telur, hati, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

13. Berbaringlah di Ruangan Gelap

Istirahat di ruangan yang gelap dapat mengurangi rasa sakit yang Anda alami. Sinar yang terlalu terang atau silau akan membuat sakit kepala semakin menjadi. Karena itu usahakan Anda berbaring berada di tempat yang teduh atau gelap.


Nah, itulah 13 Tips Mengatasi Migrain Secara Alami untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya. Jika ada yang ingin menambahkan atau ingin memberikan kritik dan saran dipersilahkan. Dan jangan lupa berkunjung lagi di blog sederhana ini untuk mengetahui informasi-informasi kesehatan lainnya. Terima kasih.

Salam,
 
Share this article :

2 comments:

Jika Bermanfaat, Jangan Lupa di LIKE dan FOLLOW Ya Sobat? :)

×
 
Support :Facebook | Twitter | Google+
Copyright © 2014. Kesehatan dan Kecantikan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Back to top
-->